Senin, 23 Desember 2013

KAWASAN WISATA BAHARI DI KOTA POSO


Kota Poso mempunyai potensi sebagai Kawasan Wisata Bahari, tetapi belum tereksplorasi secara optimal. Salah satu potensi wisata bahari yang terdapat di Pantai Karang Tegal yaitu kondisi Pantai Karang Tegal yang masih asri dan terdapat jenis ikan pelagis diperairan Teluk Tomini, potensi tersebut dapat diupayakan dan ditata menjadi desain Kawasan Wisata Bahari. Oleh karena itu, pentingnya perancangan Kawasan Wisata Bahari dimaksudkan untuk mengembangkan aktifitas yang ditujukan kepada para pengunjung, seperti penyediaan fasilitas olahraga air yang memanfaatkan jasa lingkungan pantai dan laut.
          Metode perancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis dari penulisan ini adalah tapak terpilih berada di wilayah Kota Poso, Kecamatan Poso Kota Utara, Kelurahan Tegalrejo khususnya pada kawasan yang berpotensi sebagai perancangan kawasan wisata bahari yaitu Pantai Karang Tegal di jalan Umanasoli yang merupakan jalan utama Trans Sulawesi.
          Kesimpulan dari penulisan ini yaitu potensi Pantai Karang Tegal yang dapat dikembangkan menjadi Kawasan Wisata Bahari guna mewadahi aktifitas dan menunjang aspek kenyamanan bagi para pengunjung di pesisir Teluk Tomini, Kota Poso.


Kata Kunci : Kawasan, Potensi Wisata Bahari, Kota Poso, Pantai Karang Tegal


 Gambar 1. Perspektif Kawasan


  Gambar 2. Interior Cottage


Gambar 3. Perspektif Kawasan dan Interior Coffe Shop




         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar